Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Nelpon dan SMS

Pernahkah kam mengalami kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan dan SMS keluar, pada saat dilakukan panggilan secara otomatis panggilan keluar lansung terputus dan muncul peringatan call ended,ada juga muncul peringatan pada saat nelpon keluar menggunakan kartu Telkomsel panggilan di akhiri dan tidak ada nada panggilan berbunyi.Terkadang pengguna juga menemukan kendala panggilan ditolak saat melakukan panggilan keluar dan ditemukan peringatan panggilan keluar dibatasi FDN.

Jika memang kamu menemukan kendala kendala seperti ini tentunya kamu akan merasa kebingungan,hal ini mungkin juga pernah dialami oleh pengguna kartu prabayar operator atau provider lainya yang menggunakan kartu XL, Axis,Three, Indosat dan Smartfreen.Sebenarnya untuk dapat mengatasi panggilan keluar ditolak atau panggilan keluar diakhiri tentunya kita mencari dulu kira kira apa penyebab tidak bisa melakukan panggilan dan SMS keluar.


Cara-mengatasi-Kartu-Telkomsel-Tidak-bisa-Nelpon


Langkah pertama sekali untuk memastikan kendala ini mungkin saja bisa disebabkan oleh sisa pulsa tidak mencukupi,nah untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan cek sisa pulsa dan cek juga sisa paket nelpon apabila kamu pernah mengaktifkan paket Nelpon.Namun begitu, biasanya apabila habis pulsa atau habis paket Nelpon jawaban yang akan diterima adalah maaf sisa pulsa anda tidak mencukupi untuk melakukan panggilan.

Cek juga masa aktif pulsa yang masih kamu miliki,apabila masa aktif habis masa tidak akan bisa kamu gunakan sisa pulsa ataupun paket nelpon,apalagi jika kartu masuk masa tenggang.Maka hal ini sudah pasti penyebab terjadinya gagal panggilan keluar.Setelah melakukan pengecekan sisa pulsa dan cek masa aktif, ternyata aman dan masih mempunyai sisa pulsa serta masih aktif masih panjang, kita akan coba cari solusi lain untuk mengatasi gagal melakukan panggilan keluar dengan cara melakukan setting ulang jaringan pada smartphone.

Cara setting atau melakukan refresh jaringan atau sinyal smartphone sangat mudah sekali, silahkan kamu masuk ke tab pengaturan,setting atau setelan,temukan jaringan,kemudian ubah jaringan utama ke operator/provider lain yang bertujuan untuk menyegarkan /refresh jaringan di smartphone kamu. setelah kamu ubah dari jaringan utama ke jaringan lain,maka secara otomatis sinyal akan hilang.Setelah beberapa detik kembalikan lagi ke jaringan semula,lanjut kamu coba kembali melakukan panggilan keluar.Apabila langkah langkah ini masih belum membuahkan hasil,lanjut ke solusi berikutnya.

Coba pindahkan kartu sim kamu ke hp lain,jika kartu sudah dipindahkan ke hp lain dan bisa melakukan panggilan keluar, penyebab utama yang menjadikan kamu tidak bisa nelpon keluar adalah smartphone pertama yang kamu gunakan,namun apabila setelah kartu dipindahkan ke hp lain masih tidak bisa melakukan panggilan keluar,itu berarti tidak ada masalah pada smartphone utama kamu,kita coba solusi selanjutnya.

Cara mengatasi gagal panggilan keluar dengan mendaftar ulang kartu, panggilan keluar ditolak bisa jadi disebabkan oleh kartu kamu belum di registrasi yang menjadikan saat melakukan panggilan akan muncul peringatan jaringan sibuk,cek sisa pulsa juga tidak bisa.Silahkan kamu coba daftar ulang kembali kartu tersebut menggunakan data identitas KTP kartu keluarga,cara registrasi kartu sangat mudah sekali.Berikut cara registrasi kartu Sim:


Cara daftar kartu Telkomsel pelanggan Baru:

  • cara registrasi kartu Telkomsel
  • ketik REG<spasi>NIK#Nomor KK#
  • Contoh REG 121212121212121212#232323232323232# kirimke 4444

Cara registrasi kartu Telkomsel pelanggan lama:


  • ketik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK#
  • kemudian kirim sms ke 4444


Setelah melakukan pendaftaran ulang kartu Telkomsel kamu,sekarang coba kamu lakukan panggilan keluar kembali,apabila kamu bisa melakukan panggilan keluar setelah registrasi kartu Telkomsel.Maka sudah dipastikan penyebab tidak bisa melakukan panggilan keluar adalah belum didaftarkan kartu Telkomsel sesuai dengan data data KTP dan Kartu keluarga.

Penyebab lain tidak bisa melakukan panggilan keluar misalnya jaringan di smartphone hilang,kuningan pada kartu sudah rusak sehingga kartu tidak bisa baca oleh system smartphone,adanya kesalahan pada penggaturan smartphone sehingga panggilan keluar dibatasi dan panggilan lansung berakhir,pastikan kamu tidak mengaktifkan pemblokiran panggilan keluar di pengaturan smartphone. Bisa minta bantuan juga ke call center telkomsel dengan cara menghubungi ke 188 apabila kartu Telkomsel kamu tidak bisa melakukan panggilan keluar, untuk nomor call center silahkan sesuikan dengan provider yang kamu gunakan. yang pastinya pastikan kartu kamu tidak habis masa aktif dan kartu tidak dalam masa tenggang atau habis masa tenggang

Nah,sekianlah informasi ini yang bisa admin bagikan dalam postingan singkat ini,semoga apa admin ulas dalam postingan ini sekiranya dapat membantu kamu yang mengalami tidak bisa nelpon keluar muncul panggilan di akhiri saat melakukan panggilan keluar.Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas

28 Responses to "Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Nelpon dan SMS"

  1. Kenapa kartu saya tidak bisa tlp dan sms lagi bosku

    ReplyDelete
  2. Klo masa tenggang kartu As habis.. otomatis ga dapat signal. Apakah masih bisa diperbaiki/diaktifkan kembali di grapari mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti nya sangat susah untuk di aktifkan kembali mas, namun untuk menjawab rasa penasaran sebaiknya hubungi call Center 188 ya mas.

      Delete
  3. kalau menelpon keluar tidak bisa untuk semua nmr, terus di hp tulisan nya alihkan panggilan , itu kartu nya yg masalah atau hp nya ya . tapi kalau pakek hp yg lain juga sama jwabamjwabanya Alihkan panggilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama nih sm masalah mas ini, cuman no saya ini nlpon ga bisa sms jg ga bisa *nerima/ngirim". Nmor ini baru saya beli, gimana mau d regist nerima/ngirim sms ga bisa.

      Delete
  4. Kenapa kartu saya ketika nelpon selalu jaringan sibuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud nya pada saat menerima panggilan telpon, atau pada saat melakukan panggilan keluar nih bos? solusi coba atur ulang kembali jaringan, jika menggunakan kartu Telkomsel. Coba ubah dulu ke jaringan selain telkomsel, setelah 10 detik ubah kembali ke jringan Telkomsel, langkah ini dengan tujuan untuk merefresh jarinan.

      Delete
  5. Kartu saya sudah 3 blan ga aktif tidak di isi pulsa jd terbelokir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kartu habis masa tenggang/hangus/dinonatkfikan.akan sangat sulit untuk dapat di aktifkan lagi bos..

      Delete
  6. Replies
    1. Mengaktifkan kartu perdana ada pada cover kartu bos,gunakan data KTP dan KK. Namun apabilaa ingin mengaktifkan kartu habis masa tenggang pastikan kartu yang dipakai habis masa tenggang belum lebih dari 15 hari sejak pertama kartu habis masa tenggang. Namun untuk info lengkap, silahkan hubungi masing masing call center dari kartu yang dipakai bos..semoga membantu

      Delete
  7. Cara cek pulsa gmna boss,kok sekarang *888# tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Telkomsel Simpati, As dan Loop setau admin masih menggunakan dial *888# dan aplikasi mytelkomsel bos, kendala tidak bisa cek pulsa disebabkan karena jringan bos...solusi coba atur ulang jaringan, pastikan sinyal kuat, dan coba restart HP. lalu coba ulng cek plsa lg

      Delete
  8. coba pastikan kembali apakah status registrasi sudah berhasil apa belum bos, biasanya pada msing masing menu yang ada pada kartu tersedia layanan cek status registrasi. Coba atur ulang juga jaringan di pengaturan

    ReplyDelete
  9. Kenapa kartu saya gak bisa buat telpon..selalu chek operator padahal madih aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kembali pengaturan jaringan bos, kemungkinan kendala di jaringan.

      Solusi:
      1. Coba pindahkan dulu kartu ke HP lain, untuk memastikan kendala di kartu atau di HP
      2. coba atur ulang jaringan di HP dengan cara ubah ke jaringan selain dari jaringan kartu yang dipakai, lalu pindahkan lg ke jringan semula.
      3.Coba aktifkan mode pesawat skitar 1 menit, lalu nonaktifkan kembali mode pesawat. semoga membantu

      Delete
  10. Kenapa ya kartu saya kadang ada tlp msuk slu panggilan sibuk, pdhl saya tdk dlm panggilan keluar/panggilan masuk.. Posisi HP slu aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ada kesalahan settingan jaringan di HP nya bos, jadi artinya setiap ada panggilan masuk akan secara otomatis Mengalihkan Panggilan Masuk ke Nomor Lain. Solusi coba pindahkan kartu ke HP lain apakah kendala masih sama atau tidak, jika tidak, berarrti sudah dipastikan kendalanya ada di pengaturan HP.

      Coba cek ulang pengaturan panggilan di HP nya ya bos... semoga membantu

      Delete
  11. Kartu telkomsel saya bisa terima telpon, tp gak bisa untuk telpon, cek pulsa, di isi pulsa jg gak bisa.. Knapa ya itu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu yang tidak bisa digunakan untuk panggilan keluar karena habs masa aktif, solusi isi ulang pulsa untuk kartu simpati, isi ulang pls dan gunakan minimal Rp.500 untuk kartu as..jika tidak bisa isi ulang plsa pastikan nmr tidak salah dan tidak ada kendala jaringan di ponsel nya. Solusi terakir hub ke 188 y boss

      Delete
  12. No as saya masa aktip ny sudah habis
    Tapi bisa di telpon tidak bisa menelpon,kirim SMS juga tidak bisa,sinyal nya masih ada.isi pulsa
    tidak masuk tapi di konter
    laporannya sukses jdi apa yg salah

    ReplyDelete
  13. Karto tlkomsel saya ga bisa buat tlf krm sms..cek pulsa..
    Tapi bisa trma sms n trma tlf..

    ReplyDelete