Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Telpon Masuk

Nomor tidak bisa ditelpon - Nomor aktif tapi tidak bisa menerima panggilan. Saat ditelpon tidak ada notifikasi panggilan masuk, tiba-tiba ended atau dihentikan proses panggilan. Apabila kamu mengalami masalah seperti ini, tentunya harus segera diatasi agar nomor HP bisa ditelpon.


Cara-Mengatasi-HP-Tidak-Bisa-Menerima-Telpon-Masuk


Penyebab HP Tidak Bisa Menerima Telpon Masuk

HP tidak bisa menerima telpon masuk tentu ada sebabnya, berikut beberapa faktor yang menyebab nomor hp tidak bisa dihubungi


  • Salah Pengaturan Panggilan: Maksudnya adalah ada kesalahan setting dipengaturan HP yang kamu pakai. Untuk memastikan apakah ada salah setting HP tidak bisa menerima telpon. buka saja panggilan, kemudian masuk ke pengaturan panggilan. Nah disitu kamu bisa melihat apakah ada nomor diblokir,apakah ada mengaktifkan pesan tolak cepat. Silahkan periksa dulu masalah HP tidak bisa menerima panggilan via pengaturan panggilan
  • Masalah Sinyal: sinyal sudah pasti berperan penting ketika melakukan panggilan, baik panggilan masuk maupun panggilan keluar. Sinyal tidak stabil saja terkadang susah untuk memanggil, apalagi jika sinyal tidak ada sama sekali. Jadi pastikan sinyal di HP stabil
  • Gangguan Jaringan: Ketika jaringan gangguan, maka akan berimbas pada tidak bisa menerima panggilan. Kamu bisa menetukan ciri ciri gangguan jaringan yaitu pada saat cek pulsa tidak bisa, membeli paket tidak bisa, cek kuota internet juga tidak bisa, menghubungi call center tidak bisa.
  • Bug system Android: Bug adalah kerusakan pada system HP, yang bisa berdampak pada banyak hal. Salh satunya tidak bisa menerima telpon masuk
  • Kartu Sim Rusak: Apabila kartu sim rusak juga berdampak pada banyak hal, salah satunya tidak bisa menerima panggilan masuk.
  • Kartu Sim Habis Masa Tenggang: Ciri-ciri kartu sim habis masa tenggang adalah tidak bisa digunakan, baik untuk menerima panggilan masuk maupun panggilan keluar. Kartu sim habis masa tenggang pada umumnya hilang sinyal
  • Slot Sim Card Rusak: Maksudnya tempat kartu sim rusak, bisa jadi longgar atau kartu sim tidak tepat saat pemasangan sehingga tidak terbaca oleh system HP
  • Registrasi: Setiap pengguna kartu prabayar baru maupun kartu lama, diharuskan/diwajibkan untuk registrasi kartu sesuai data NIK

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Telpon Masuk

Setelah mengetahui penyebab HP tidak bisa menerima panggilan masuk. Sekarang kita coba solusi, agar dapat mengatasi HP tidak bisa menerima telpon masuk. Apabila ada salah setting panggilan masuk, kita coba untuk mengatur ulang jaringan HP.

1.Restart HP

mulai-ulang-perangkat-android

Langkah pertama kamu bisa coba cara yang paling mudah untuk mengatasi tidak bisa menerima panggilan masuk/gagal menerima telpon masuk/call ended yaitu dengan cara restart HP. Meskipun cara ini sepele. Tapi, terkadang bisa mengatasi masalah pada HP.

Restart HP maksudnya kamu merestart system Android yang sedang berjalan. Apabila ada system android error, maka restart HP bisa mengatasinya.


2. Aktifkan Mode Pesawat (AirPlane Mode)


On-Off-AirPalne-Mode

Setiap android dibekali fitur airplane(Mode pesawat). Fitur ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah di HP android seperti merefresh jaringan internet. Apabila kamu sedang menonton video loading terus, atau jaringan internet lemot. Nah kamu bisa gunakan fitur mode pesawat ini untuk menstabilkan koneksi internet.

Silahkan aktifkan mode pesawat/Airplane mode sekitar 1 menit, kemudian nonaktifkan kembali mode pesawat. 

Cara mengaktifkan mode pesawat sangatlah mudah

  • Buka menu bar bagian Atas/Bawah HP Android sampai kamu melihat fitur fitur seperti data internet, Bluetooth, Lokasi, Senter, Mode Gaya, Mode Terbang
  • Pilih "Mode Terbang" atau "Mode pesawat"atau "AirPalne Mode"
  • Setelah kamu pilih mode pesawat, artinya sudah aktif (berubah warna menjadi biru)
  • Tunggu hingga beberapa menit
  • Kemudian nonaktifkan kembali mode terbang dengan cara mengetuk kembali

Mudah-mudahan dengan memanfaatkan fitur mode pesawat dapat mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk


3.Ubah Jaringan ke 3G


cara-mengubah-jaringan-4g-ke-3g

Fitur VoLTE telah tersedia untuk sebagian HP (Belum semua type HP). Fungsi nya adalah agar HP tersebut dapat menerima panggilan masuk dan memanggil dalam jaringan LTE.

Apabila jaringan HP saat ini 4G, sedangkan HP kamu belum mendukung fitur tersebut. Sebaiknya ganti jaringan selain 4G. Kamu dapat mengubah jaringan 4G ke 2G/3G/4G atau gunakan 3G Only.Hal ini bertujuan agar tidak terjadi error.

Bagaimana cara ubah jaringan 4G ke 3G

  • Buka pengaturan HP Android
  • Pilih "konektivitas"
  • Pilih "Jaringan Seluler"
  • Silahkan ubah jaringan 4G ke 3G
Jika tidak menemukan fitur ubah jaringan 4G ke 3G seperti yang dijelaskan pada langkah diatas, coba cari ulang kembali. Karena sebagian HP tata letak fiturnya tidak sama.


4.Periksa Sinyal HP


cara-menguatkan-sinyal-hp


Sinyal HP merupakan faktor utama yang harus diperhatikan apabila ingin memanggilatau mengirim sms, begitu juga sebaliknya. Apabila ada masalah pada sinyal HP, dipastikan tidak bisa menerima panggilan masuk maupun panggilan keluar.

Terkadang banyak orang yang mengabaikan hal ini,solusi tidak bisa menerima panggilan masuk bisa kamu atasi dengan cek kondisi sinyal HP. Pastikan sinyal stabil, kamu bisa pindah lokasi yang kurang tangkapan sinyal ke lokasi yang mudah jangkauan sinyal.


5.Ganti Kartu Sim

Tidak bisa menerima telpon masuk bisa terjadi karena kartu sim rusak. Biasanya kartu sim rusak akan berpengaruh juga pada sinyal dan jaringan HP. Nah sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan kartu sim yang lain pada HP tersebut. Apabila sudah menggunakan kartu sim lain pada HP yang sama, lalu bisa menerima panggilan masuk. Penyebabnya dipastikan kartu sim rusak.

Selain itu bisa juga memindahkan kartu sim ke HP yang lain, mana tahu slot sim card HP kamu longgar sehingga tidak bisa membaca kartu sim.


6. Registrasi Kartu Sim

cara-daftar-kartu-sim

Pemerintah mewajibkan setiap pengguna kartu prabayar untuk melakukan registrasi kartu. Baik kartu lama maupun kartu baru. Dengan adanya proses registrasi kartu sim, tentu ada jaminan keamanan data yang kita gunakan pada sim card. 

Selain itu, pengguna kartu simcard juga mendapatkan kemudahan dalam proses pelayanan jika mengurus kartu sim rusak, perbaikan kartu sim hangus, ingin mengaktifkan kartu sim habis masa tenggang atau ingin upgrade kartu sim 3G ke 4G. Cara daftar kartu sim sangat mudah sekali. Setelah berhasil d aaftar kartu sim, pastikan lansung aktif agar dapat digunakan untuk panggilan keluar dan panggilan masuk.


7.Hubungi Call Center

Setelah melakukan semua solusi diatas. Tapi tidak membuahkan hasil, kamu bisa hubungi call center dari masing-masing kartu prabayar yang dipakai. Gunakan kartu sim yang masih aktif untuk nelpon call center. Pastikan nomor call center kartu prabayar yang kamu hubungi telah sesuai dengan masing-masing operator.

Berikut daftar nomor call center all operator

  • Call Center Telkomsel 188
  • Call Center Indosat 185
  • Call Center XL 817
  • Call Center Smartfren 888
  • Call Center Tri 132
  • Call Center Axis 838

Penutup

Nah itu dia penjelasan mengenai cara mengatasi HP tidak bisa menerima telpon masuk.Semoga artikel ini dapat membantu atasi masalah yang kamu temukan dan bermanfaat. Banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan yang tidak disengaja.

0 Response to "Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Telpon Masuk"

Post a Comment