Apa Itu Masa Tenggang Kartu Provider?
Sebelum kita bahas secara rinci bagaimana jika kartu provider melewati masa tenggang,alangkah baiknya kita mengerti dan pahami terlebih dahulu pengertian masa tenggang kartu. Banyak sedikitnya pasti kamu pernah mendengar istilah masa berlaku dan masa tenggang kartu. Pada umumnya masa aktif kartu otomatis bertambah setelah isi ulang pulsa maupun paket internet,berapa lama masa aktif yang diterima tergantung dari nominal top up pulsa atau paket yang dibeli. Semakin besar nominal isi ulang pulsa semakin lama masa aktif yang didapatkan.
Seiring berjalanya waktu, masa aktif akan habis dan masuk masa tenggang. apabila masuk masa tenggang kamu dapat notifikasi sebagai pengingat bahwa nomor ponsel yang kamu miliki diharuskan untuk segera melakukan top up pulsa. Jika diabaikan peringatan tersebut, maka nomor tidak bisa digunakan untuk komunikasi baik itu menerima panggilan masuk maupun panggilan keluar. Masa tenggang adalah tambahan waktu yang kamu miliki untuk mengisi pulsa supaya kartu SIM tidak hangus.
Dalam waktu masa tenggang kamu masih punya kesempatan untuk top up pulsa maupun paket data agar masa aktif bertambah.Biasanya waktu masa tenggang berlansung selama 1 bulan atau 30 hari sejak masuk masa tenggang.Sebenarnya satu bulan waktu yang cukup lama diberikan masing-masing provider untuk dapat mengaktifkan kembali kartu dalam masa tenggang supaya tidak melampuai masa hangus nomor.
Apa yang terjadi jika Kartu dalam Masa Tenggang?
Dalam masa tenggang sebenarnya kita masih punya kesempatan untuk menambah masa aktif kembali dengan tujuan tidak hangus.Meskipun kartu masuk masa tenggang,kamu tetap bisa menerima panggilan masuk, SMS dan mengakses internet menggunakan jaringan Wi-fi. Namun sayangnya selama masa tenggang kartu kamu tidak bisa menggunakan sisa pulsa dan sisa paket data, yang artinya nomor masa tenggang tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan keluar, mengirim SMS.
Bagimana jika masa tenggang kartu habis? Apakah kartu yang melewati masa tenggang masih bisa di top up pulsa? Berikut beberapa hal yang terjadi bila kartu habis masa tenggang.
- Kartu hangus
- Kartu tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya (isi pulsa,isi paket data,cek pulsa,cek paket data,nelpon,kirim sms, dll)
- Solusi dalam masa ini yaitu ganti nomor baru
Apakah Kartu Hangus Bisa Diaktifkan Kembali
Mengutip sumber dari laman resmi telkomsel ada 3 cara yang dapat digunakan untuk mengaktifkan kartu hangus khusus bagi pengguna provider Telkomsel yaitu
- Kode Dial
- Telkomsel E-Care
- GraPARI
1. Kode Dial
- Siapkan KTP dan KK terlebih dahulu yang sebelumnya telah terdaftar pada nomor kamu dan kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan kembali
- Tekan kode dial *888*89# OK dari nomor hangus
- Pilih "Reaktivasi Kartu"
- Pilih "Setuju" bila kamu setuju dengan ketentuannya
- Masukan nomor KTP dan KK
- Tunggu sampai kamu mendapatkan SMS pemberitahuan apakah nomor bisa diaktifkan atau tidak
2.Telkomsel E-Care
- Siapkan KTP dan KK yang terdaftar pada nomor sebelumnya,kemudian siapkan juga kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan kembali
- Hubungi Customer Service Telkomsel melalui DM (Dirrect Message) dengan menggetik " Reaktivasi "Prepaid"
- Kemudian kamu mendapatkan link untuk upload Foto KTP, Nomor KK serta foto SIM Card yang ingin di reaktivasi
- Tunggu antrian Video Call untuk melakukan validaasi data
3.GraPARI
Siapkan data-data berikut agar nomor telkomsel hangus bisa diaktifkan kembali melalui GraPARI Telkomsel.
- KTP
- Kartu Keluarga
- Kartu SIM Fisik
Sebelum kartu SIM masuk masa tenggang apalagi habis masa tenggang, ada baiknya cek pulsa dan masa aktif secara berkala untuk menghindari resiko nomor hangus. Demikianlah yang dapat admin bahas dalam artikel singkat ini semoga bermanfaat. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan yang tidak disengaja.
0 Response to "Bagaimana Jika Kartu Provider Melewati Masa Tenggang"
Post a Comment