Cara mengatasi kartu SIM tidak ada Layanan Sinyal Hilang waspada Masa tenggang

Pernahkah Smartphone kamu mengalami kendala dimana kartu Sim tidak terbaca oleh android ataupun smartphone, atau mungkin kamu pernah mendengar kartu sim tidak dapat sinyal. Kita sama sama sudah mengetahui jika kartu sim tidak ada layanan dengan kata lain kartu sim tidak dapat sinyal,maka sudah dipastikan kartu sim tidak akan bisa digunakan, jangankan digunakan untuk nelpon dan kirim SMS. Untuk cek sisa pulsa saja jika kartu sim tidak ada layanan tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itulah sangat perlu sekali untuk mengatasi kartu sim tidak ada layanan agar dapat sinyal kembali. Jika kita ketahui apa saja yang menyebabkan kartu sim tidak ada layanan atau kartu tidak ada sinyal, sangat banyak sekali hal hal yang menyebabkan kartu sim hilang sinyal, apakah kartu sim tidak ada sinyal karena kartu habis masa tenggang.Nah, hal ini bisa jadi salah satu faktor yang menjadikan kartu sim tidak ada layanan, ciri ciri kartu habis masa tenggang biasanya memang tidak ada sinyal, tidak ada layanan dan simcard tidak bisa digunakan untuk panggilan keluar dan mengirim SMS karena sinyal hilang. 





Tapi tidak bisa dipastikan juga kalau simcard tidak ada sinyal sudah dipastikan karena habis masa tenggang kartu, jangan lansung menyalahkan masa tenggang dulu, meskipun tanda tanda kartu habis masa tenggang adalah kartu tidak dapat digunakan untuk panggilan keluar dan sms keluar karena sinyal hilang kartu tidak ada layanan.

Berikut admin jelaskan cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan sinyal hilang dan waspadai kartu habis masa tenggang. Kamu dapat mencoba langkah langkah mengembalikan sinyal hilang pada kartu sim agar layanan dapat digunakan kembali sebagai mana mestinya kartu dapat digunakan untuk panggilan dan sms keluar.

Aktifkan mode pesawat atau airplane smartphone kamu. Kenapa demikian, biasanya jika mode pesawat smartphone di aktifkan secara otomatis kartu lansung hilang sinyal atau tidak ada tanda tanda layanan dapat digunakan, mengaktifkan airplane smartphone artinya merefresh  jaringan, jadi jaringan di smartphone benar benar tidak hentikan sementara. Kemudian mode pesawat di nonaktifkan kembali, matikan mode airplane smartphone,hal ini biasanya dapat memulihkan jaringan di smartphone. Nah, bagi kamu yang belum tahu cara menggunakan mode pesawat smartphone android atau mengaktifkan airplane, simak cara mengaktifkan mode pesawat dan menonaktifkan mode pesawat android.


  • Buka pengaturan
  • Pilih Network
  • Pilih mode pesawat / airplane
  • Tunggu 1 menit
  • kemudian matikan kembali mode pesawat / airplane
  • Secara otomatis jaringan akan merefresh dan sinyal dapat kembali yang pastinya layanan simcard dapat digunakan


Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca dan sinyal hilang di android bisa kamu atasi dengan cara restart smartphone, restart smartphone tentunya sangat diperlukan untuk meresfresh system di android.Selain membantu merefresh system android, restart smartphone juga dapat membantu meringankan kinerja 

Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan atau sinyal hilang di android bisa kamu atasi dengan cara mengubah jaringan ke jaringan otomatis, jika di settingan kamu terapkan jaringan manual. Maka sebaiknya kamu ubah jaringan ke jaringan otomatis, biarkan jaringan sendiri yang akan menemukan operator yang sedang digunakan. Cara mengubah jaringan otomatis seperti langkah berikut ini.


  • Masuk ke tab pengaturan/settingan/setelan
  • Kemudian pilih Jaringan  / Network
  • Pada Mobile Network silahkan matikan / nonaktifkan Data / Paket data
  • Pilih Network Operator
  • Kemudian pada pilihan jaringan,sebaiknya pilih yang Auto atau Otomatis
  • Dengan demikian jaringan smartphone kamu saat ini sudah dalam mode otomatis
Kamu juga bisa mengubah mode jaringan otomatis ke mode jaringan manual, coba gunakan jaringan operator yang berlawanan. Misalnya jika kamu menggunakan kartu Telkomsel, maka coba ubah jaringan ke oeprator Lain seperti Axis atau XL. setelah beberapa saat, coba kembalikan lagi ke jaringan atau oeprator semula.

Jadi, kesimpulan nya adalah kartu tidak ada layanan atau kartu tidak dapat sinyal belum bisa di pastikan kendala disebabkan oleh habisnya masa tenggang kartu atau jangan klaim dulu jika kartu yang digunakan dalam masa tenggang. Meskipun kartu prabayar yang biasanya jika mempunyai ciri ciri tidak ada layanan atau kartu tidak terbaca oleh system android ada kemungkinan kartu lewat masa tenggang sehingga kartu prabayar di nonaktifkan.

Sekianlah yang bisa admin sajikan dalam ulasan artikel singkat ini, semoga bisa membantu dan admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas.

3 Responses to "Cara mengatasi kartu SIM tidak ada Layanan Sinyal Hilang waspada Masa tenggang"

  1. Sama dengan saya kartu xl bru aq beli ko
    Jaringan hilng sampai skrng gk bisa terpaje

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan kartu perdana yang dibeli tidak expired bos, lalu pastikan kartu telah diregistrasi menggunakan data KTP dan KK, jika sudah melakukan hal diatas, coba tanya kembali pada tempat pembelian kartu, atau hubungi call center XL di layanan 817. Semoga membantu

      Delete
  2. Apakah kartu klo masa tenggang jaringan internetnya jga tdk bsa d pakai kah bang

    ReplyDelete