Cara Mengatasi Kuota Internet XL Tidak Bisa dipakai

Cara Mengatasi kuota internet tidak bisa dipakai bisa terjadi pada kartu apa saja,meskipun kuota internet sudah kamu isi. Tapi kenapa kuota tidak bisa untuk mengakses internet. Apakah kuota internet tidak bisa dipakai karena habis masa aktif. Penyebab kuota internet tidak bisa dipakai bukan berarti karena habis masa aktif saja. Namun ada penyebab lain sehingga kuota internet tidak dapat gunakan.  Jika tidak tahu cara mengatasi paket internet tidak bisa dipakai sedangkan sisa kuota masih banyak, sangat disayangkan jika kuota terbuang sia sia karena tidak bisa digunakan.

Untuk itu admin mengulas dalam artikel ini agar dapat membantu kamu yang mungkin pernah mengalami hal serupa tidak bisa menggunakan paket internet yang masih banyak kuota datanya.  Agar dapat mencari solusi dalam permasalahan kuota tidak bisa dipakai tentunya kita ketahui dulu kira kira apa penyebab paket internet tidak bisa dipakai.

Cara Mengetahui Penyebab Kuota Internet XL Tidak Bisa dipakai

Cara-Mengatasi-Kuota-Internet-XL-Tidak-Bisa-dipakai

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk dapat mengetahui kenapa kuota internet XL tidak dapat dipakai,sedangkan sisa kuota masih banyak. Silahkan kamu cek kembali sisa kuota internet XL menggunakan dial kode *123# atau menggunakan aplikasi myxl untuk cek sisa kuota internetnya. Tunggu sampai kamu dapat balasan tentang sisa kuota.

Setelah kamu mendapatkan balasan sisa kuota internet XL. Pastikan kamu masih mempunyai sisa kuota yang cukup, lalu perhatikan masa aktif paket internet berlakunya sampai tanggal berapa. Cek juga pembagian kuota internet. Pembagian kuota internet yang meliputi:
  • Kuota untuk jaringan 3G
  • Kuota untuk jaringan 4G
  • Kuota Malam /Kuota Midnith
  • Kuota Youtube
  • Kuota Full jaringan 
  • Kuota Full 24 Jam

Kuota jaringan 3G adalah kuota paket yang hanya dapat digunakan kusus untuk jaringan 3G saja. Jika jaringan internet dismartphone kamu disetting ke 4G,secara otomatis kuota yang berlaku dijaringan 3G sama sekali tidak dapat digunakan. Solusinya silahkan ubah settingan jaringan 4G ke jaringan 3G agar kuota dapat digunakan.

Kuota 4G adalah kuota paket internet yang hanya dapat digunakan kusus untuk jaringan 4G saja, jika settingan internet dismartphone kamu 3G Only, maka kuota 4G tidak akan dapat dipakai.Solusinya ubah settingan jaringan internet kamu ke 4G.

Kuota Malam atau biasa disebut dengan kuota midnigth adalah kuota internet yang hanya dapat dipakai pada malam hari. Biasanya jam penggunaan kuota malam juga ditentukan pada rincian kuota seperti kuota midnigth bisa dipakai mulai pukul 00.00-06.59. Solusinya pergunakan kuota malam sesuai pada jamyang telah ditentukan

Kuota Youtube adalah kuota internet yang hanya dapat dipakai untuk mengakses youtube saja. Kamu dapat menggunakan kuota internet XL youtube untuk menonton video youtube, kuota youtube tidak berlaku untuk mengakses internet seperti browser, chatting, download maupaun akses internet selain mengakses youtube

Kuota Full Jaringan adalah kuota internet yang dapat kamu gunakan untuk mengakses semua jaringan mulai akses browser, download, menonton video, chatting dan lain lain. Kuota full jaringan bisa kamu pakai untuk apa saja dalam mengakses internet yang artinya kamu dapat kebebasan dalam penggunaannya.

Kuota Full 24 Jam adalah kuota internet yang bisa kamu pakai jam berapa saja. Kuota full 24 jam tidak ada batasan dalam penggunaanya. Kuota Full 24 jam hampir sama dengan kuota full jaringan yang memberikan kamu kebebasan dalam mengakses internet.

Namun jika penyebab diatas tidak termasuk salah satu yang menyebabkan kuota internet XL tidak dapat dipakai. Kamu bisa ikuti solusi untuk mengatasi kuota internet XL tidak dapat dipakai berikut ini

1.Pastikan Sinyal dilokasi maupun di smartphone kuat

Solusi kuota internet XLtida dapat dipakai adalah dengan pengecekan kekuatan sinyal. Kamu bisa lihat berapa bar atau berapa garis sinyal pada layar smartphone kamu. Jika sinyal lemah maka akan ditanda dengan satu atau dua garis sinyal saja. Tapi jika sinyal kuat akan ditandai dengan garis full atau balok penuh pada area sinyal.

Kondisi sinyal sangat berpengaruh dan berperan penting pada jaringan. Untuk itu, jika sinyal lemah ada baiknya kamu pindah lokasi untuk mendapatkan sinyal yang kuat. Setelah pindah lokasi dan mendapatkan sinyal yang kuat, biasanya bisa terhubung dengan internet.

2.Cek Settingan Jaringan Smartphone kamu

Meskipun sinyal kuat,namun aada kesalahan settingan jaringan dismartphone tentu hal ini juga ijkut berpengaruh pada akses jaringan. seperti yang sudah admin jelaskan pada artikel diatas jika kuota internet kamu kusus 4G. Sedangkan pengaturan jaringan internet kamu 3G. Maka dipastikan tidak kuota internet tidak dapat dipakai, kamu tidak bisa mengakses internet karena ada salah setting jaringan.

Cara cek settingan jaringan sangat mudah, masuk ke pengaturan-koneksi-jaringan seluler-pastikan mode jaringan kartu yang kamu gunakan telah sesuai dengan jenis kuota internet kamu. Semoga solusi ini membantu

3.Pastikan tidak Gangguan Jaringan

Cara mengetahui jaringan gangguan dengan cek pulsa. Jika jaringan gangguan kamu tidak akan bisa melihat sisa pulsa, begitu juga dengan mengisin pesan melalui aplikasi dan pesan biasa. Kamu juga tidak bisa melakukan panggilan. Jika penyebab kuota internet tidak bisa dipakai karena gangguan jaringan.Solusinya hanya bisa menunggu sampai jaringan kembali normal. Untuk info lebih lanjut kamu bisa menghubungi call center masing masing kartu yang dipakai.Call Center XL 147.


4.Pastikan kartu prabayar XL yang kamu pakai sudah diregistrasi

Pemerintah telah menghimbau kepada setiap pengguna kartu prabayar untuk melakukan registrasi baik itu kartu prabayar lama maupun kartu parabayar yang baru.Cara registrasi kartu sangat mudah dan gampang kok. Kamu cukup sediakan KTP dan Kk, lalu lakukan registrasi kartu. Pastikan kamu dapat balasan berhasil registrasi kartu. Jika kartu tidak diregistrasi, kamu tidak dapat menggunakan kartu tersebut.Bisa jadi ini salah satu penyebab kuota tidak dapat dipakai karena belum registrasi kartu.

Nah. Itulah cara mengatasi kuota internet XL tidak bisa dipakai.Semoga artikel ini bermanfaat.Banyak maaf jika salah kata dalam penulisan.

0 Response to "Cara Mengatasi Kuota Internet XL Tidak Bisa dipakai"

Post a Comment